Recents in Beach


Gantungan Kunci "Mosra" Jaman Now!

Dari Kiri: Cleome Rutidosperma, Dendrobium Utile, Emilia Sonchifolia
Malang - MantulsNews.com - Sobat mantul! Kamu mau koleksi barang antik, minimalis, artistik dan alami? Atau, bingung kasih kado ke sahabat, pacar, maupun gebetan? Ada solusi yang paling mantul nih, yaitu souvenir mosra. Hmm, kalian belum pernah dengar ya? Jadi, mosra itu souvenir yang mengawetkan tumbuhan didalam botol mini.  Lho, kok tumbuhan bisa diawetkan? Bisa dong! Ini suatu karya dari teman-teman jurusan biologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Mosra adalah singkatan dari  “Mosok Ora Tertarik,” yang diadopsi dari bahasa jawa yang artinya “Mosok ora tertarik, sih?”. Pencetus dari usaha mosra ini, Muhammad Farid Annas. Bermula dari tugas mata kuliah kewirausahaan, ide untuk berinovasi membuat produk muncul seketika. Ide yang digagas Annas mengarah pada, “pengawetan tumbuhan,”. Kenapa sih harus tumbuhan? Karena tumbuhan adalah makhluk hidup dan memiliki sel. Dalam ilmu biologi, setiap sel pasti mengalami apoptosis atau kematian. Nah, Annas berpikir jika tumbuhan bisa diawetkan, maka akan mengurangi kepunahan tumbuhan tersebut.

Berbekal pengetahuannya ketika Kuliah Kerja Lapangan (KKL), Annas mengawetkan tumbuhan itu dengan bahan formalin 4%. Formalin adalah senyawa yang dapat mempertahankan bentuk sel dan tidak merusak pigmen tumbuhan secara langsung. Menurut Annas, pembuatan souvenir ini harus teliti dan berhati-hati, sebab formalin adalah senyawa cukup berbahaya. Apabila terkena kulit, menimbulkan gatal-gatal dan kulit kering. Jadi, harus fokus ya sobat mantul!

Morus Alba
Udah mengerti sekilas tentang “Mosra,” kan? Tunggu apalagi nih buat memiliki barang seunik ini? Jangan kelamaan ya. Tumbuhannya nggak kalah menariknya kayak di negara Jepang dan Korea lho. Hehehe. Kalian bisa pilih anggrek tanah, anggrek serat, maman ungu, kitolod, semanggi gunung dan masih banyak lagi. Harganya berapa sih? Cocok lah buat kantong mahasiswa, Rp 5.000-Rp 15.000 aja. Hmm, kunjungi deh instagramnya di @mosrasovenir dan kepoin produk yang mantul ini.  
               

Posting Komentar

0 Komentar