Recents in Beach


LPKNI Beri Pelatihan Bekam di Malang

Pelatihan Bekam oleh Lembaga Perlindungan Konsumen Nasional Indonesia


Mantulnews.com: Lembaga Perlindungan Konsumen Nasional Indonesia (LPKNI) ,Hari ini Rabu (17/7) menyelenggarakan pelatihan bagi para terapis bekam di daerah Malang Raya. Pelatihan tersebut dilaksanakan di Cakra Residence Hotel, Resto & Travel Turen, Malang, Jawa Timur.

Ketua pelaksana Pelatihan Bekam LPKNI, Wiwik Eka Widarningsih mengatakan, pelatihan bekam ini bertujuan untuk melestarikan budaya atau pengobatan islami ala nabi. Selain itu juga untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur di bidang kesehatan tersebut.

“Pelatihan ini selain untuk mengenalkan dan merawat budaya tradisi pengobatan ala nabi, juga bermaksud menciptakan bekam sebagai peluang entrepreneur di bidang kesehatan,” ujar Ketua Pelaksana Pelatihan Bekam LPKNI, Wiwik Eka Widarningsih usai acara di Cakra Residence Hotel & Travel Turen, Malang, Jawa Timur, Rabu 17 Juli 2019.

Presiden LPKNI, Nanang Nilson mengatakan pelatihan bekam ini, tidak hanya sekali dilakukan di Cakra Residence Hotel saja, akan tetapi akan diadakan beberapa kali pelatihan dan diberlakukan kelas berjenjang.

“Bagi terapis pemula atau yang baru pertamakali mengikuti pelatihan bekam, yang ingin menekuni sebagai tenaga terapis bekam maka akan diikutsertakan dalam kelas magang yang akan dididik oleh tenaga ahli  bekam professional,” tutur Presiden LPKNI Nanang Nilson.  


Bekam atau Hijamah adalah teknik pengobatan dengan jalan membuang darah kotor (racun yang berbahaya) dari dalam tubuh melalui permukaaan kulit. Al Hijamah  ( الجامۃ ) dari istilah bahasa Arab artinya pelepasan darah kotor. Sedangkan dalam bahasa Inggris disebut dengan cupping, di Melayu dikenal dengan istilah bekam. Kemudian di Indonesia dikenal dengan istilah kop atau cantuk.


Berbekam merupakan metode pengobatan klasik yang telah digunakan dalam mengobati berbagai kelainan penyakit seperti hemophilia, hipertensi,, reumatik arthritis, sciatica, back pain (sakit punggung), migraine, vertigo, anxietas (kecemasan) serta penyakit umum lainnya baik bersifat fisik maupun mental.

Bekam merupakan pengobatan yang dicontohkan oleh Nabi MuhammadSAW, sebagaimana dijelaskan dalam hadist yangh diriwayatkan oleh Imam At-Thabrani bahwa Nabi Muhammad bersabda, pembekaman pada daerah tengkuk saja dapat menyembuhkan 72 macam penyakit.

عليكم با لحجا مۃ في جو زۃ القمحدوۃ فٳنها شفاء من اثنين وسبعين داء


“Hendaklah kalian semua melakukan pengobatan dengan bekam di tengah tengkuk, karena sesungguhnya hal itu merupakan obatn dari tujuh puluh dua penyakit.”


Pelatihan ini dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Malang, Abdurrachman yang mewakili Plt. Bupati Malang HM.Sanusi yang berhalangan hadir. Bertindak sebagai pemateri untuk pelatihan yang diadakan oleh LPKNI ini adalah Hardoyo selaku Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Tradisional Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Pakar Bekam Ustaz Abdillah Bin Salim, dan hadir pula Ustaz Achmad Jeffry dari Pusat Bekam dan Ruqyah Al Jeffry Mentaraman Talok Turen. (dit)





Posting Komentar

1 Komentar

  1. Alhamdulilh, semoga ilmu yg didapat oleh peserta diklat bisa bermanfaat dan berkah bagi dirinya dannlingkungannya....
    Dan mampu memdongkrak kesehatan dan perekinimian nasional yg selama ini negara banyak mendapatkan kritikann terkait kesehatn dan kemiskinan

    BalasHapus