Recents in Beach


Yuk, Tahun Baru ke China Town "Yokohama Chuka Gai" di Jepang

Penulis: Dita Faisal
Kontributor: Akihiko Kashitani

Jepang - MantulNews.com - Cina semakin merajai dunia, tidak hanya dari teknologinya saja tapi juga tempat wisatanya. Di Jepang, negara yang budayanya begitu kental masih bisa kita temukan lokasi wisata penuh ornamen Cina yang disebut oleh orang Jepang sebagai "Yokohama Chuka Gai" atau "Yokohama China Town". Dalam bahasa Jepang, Chuka berati Cina, sementara gai berarti kota. Oleh karena itu, Yokohama Chuka Gai adalah Kota Cina di Yokohama.

Menariknya di Jepang terdapat tiga Kota Cina. Ketiganya berada di lokasi berbeda-beda, yaitu di Yokohama, Kobe, dan Nagasaki. Yokohama Chuka Gai merupakan Kota Cina tertua di Jepang karena telah berdiri sejak tahun 1955. Selain menjadi yang tertua, Yokohama Chuka Gai juga menjadi Kota Cina terbesar di kawasan Asia Timur.
Suasana malam di Yokohama Chuka Gai
Untuk bisa sampai ke Yokohama Chuka Gai, sobat mantul bisa memilih transportasi publik yang populer di Jepang, yaitu kereta api reguler dan MRT. Jika ingin naik kereta reguler, naiklah kereta jalur "Negishi Line" dan turunlah di stasiun terdekat, yaitu stasiun Kannai yang jaraknya 7 menit ke Chuka Gai, atau stasiun Ishikawacho yang berjarak 5 menit menuju Chuka Gai. Namun, jika sobat mantul ingin berjalan kaki sekitar 1 menit saja ke Chuka Gai, naiklah MRT "Minato Mirai Line"dan berhentilah di satsiun Yokohama Chuka Gai. Ingat ya sobat mantul, di Jepang itu tarif taxi sekali naik bisa ratusan ribu sampai jutaan rupiah, karena setiap 1 km dikenai Rp50.000/km. Jadi kalau mau jalan-jalan pakai saja kereta.
Kuil di Yokohama Chuka Gai
Kuil di Chuka Gai

Tak jauh berbeda dengan Asakusa di Tokyo, Yokohama Chuka Gai juga menawarkan banyak pilihan menarik, mulai dari aneka jenis makanan khas Cina, berbagai suvenir, dan juga pakaian ala Cina. Bagi pengunjung yang beragama Budha, maka bisa sembahyang di kuil yang ada di kompleks Yokohama Chuka Gai.
Suasana malam di Yokohama Chuka Gai
Kota Cina atau China Town di Jepang juga menawarkan fasilitas penginapan bagi para wisatawan yang hendak berkunjung ke Yokohama, salah satunya adalah Rose Hotel. Di Yokohama Chuka Gai, kita akan merasa layaknya berada di Kota Cina sebenarnya, karena banyak pengunjung menggunakan bahasa Cina selama mereka berbincang-bincang.
Rose Hotel di Yokohama Chuka Gai

Setelah puas berkeliling Yokohama Chuka Gai, sobat mantul juga bisa memilih lokasi wisata berikutnya, namanya Yokohama Marine Tower atau Monas-nya Yokohama. Cukup berjalan kaki sekitar 5 menit dari Chuka Gai, sobat mantul sudah bisa melihat Yokohama dari lantai 30 dengan ketinggian 106 meter. Nah, kalau mau ke Yokohama Marine Tower, wisatawan dikenai tarif masuk masuk seharga Rp95.000 (750Yen) dan Rp25.000 (200Yen), sementara untuk anak di bawah usia 3 tahun gratis. Mantul banget lah pokoknya.

Selamat merayakan Tahun Baru Cina di Jepang ya. Arigato Gozaimasu. Gambate Kudasai, sobat mantul! (DF/AK)
Yokohama Marine Tower 5 menit dari Chuka Gai
Yokohama Marine Tower 5 menit dari Chuka Gai

Posting Komentar

0 Komentar