Sifa Hasta Bagikan Tips Menulis Sinopsis FTV dalam JPICLASS On The Moon

Penulis: Savina Jasmine Nur Ummari - Editor: Amelia Ratna Monica

Memanfaatkan waktu dengan berbagi ilmu dan pengalaman bersama anggota Jaringan Penulis Indonesia (JPI), Sifa Hasta bagikan pengalaman dan ilmunya. Walaupun dilaksanakan secara daring, antusiasme anggota JPI tak surut untuk menyimak materi bertema Pentingnya Peran Setiap Pemain dalam Sinopsis FTV (14/06).

Sifa Hasta adalah penulis puluhan antologi. Antologi pertamanya berjudul Romantisme Monarki dirilis pada tahun 2019. Semangatnya yang luar biasa, membuahkan sepuluh antologi yang digarap bersama para penulis hebat. Tak hanya itu, kepiawaian Sifa dalam meracik cerita, membawanya menelurkan 2 judul FTV, salah satunya dalam Catatan Harianku SCTV.

                                                                  Judul FTV garapan Sifa Hasta

Menurutnya, penokohan dalam sinopsis FTV sangat penting. Penulis harus bisa memilah, mana tokoh yang saling berkaitan, dan meninggalkan tokoh yang di anggap kurang penting. Makanya maksimal penokohan yang dihadirkan hanya tujuh tokoh saja. Hal ini sejalan dengan yang diungkapkan oleh Sifa Hasta dalam JPICLASS on the moon.

"Kita harus benar-benar memanfaatkan 7 orang itu dengan sebaik mungkin. Setiap pemain harus punya tujuan dan saing berkaitan satu sama lain. Kalaupun salah satu tokoh di hilangkan, tidak memengaruhi alur cerita sama sekali, kan percuma. Mending kita buat tokoh nyinyir yang kerjaannya ngalangin tokoh utama untuk bahagia," ungkap Sifa Hasta.

Penulis keren ini juga menjelaskan tentang tokoh dalam Sinopsis FTV, dan cara memilahnya. Ia pun turut mengingatkan hal-hal sepele dalam penulisan sinopsis yang sering terabaikan. Di akhir perbincangan, Sifa menutupnya dengan kalimat yang manis. "Ketika kaki tak mampu melangkah, masih ada tangan untuk menguntai aksara, mewujudkan mimpi menjadi nyata," ungkap Sifa Hasta, Penulis Antologi dan Sinopsis FTV yang berjuang menggapai mimpi dengan untaian kata-kata indah.


Posting Komentar untuk " Sifa Hasta Bagikan Tips Menulis Sinopsis FTV dalam JPICLASS On The Moon"

SimpleWordPress