Empat Jurus Mengupas Informasi dari Servita Ramadhianti di JPI Class On the Moon

 Penulis: Asih Rehey - Editor: Servita Ramadhianti


JPI Class On The Moon yang dilaksanakan pada hari Senin (5/7/2021) menghadirkan seorang mentor hebat bernama Servita Ramadhianti. Kelas yang dimoderatori Nuzulul Rahma itu menyajikan materi “Teknik Wawancara Untuk Artikel Berita” yang begitu menarik di hati sahabat JPI.

Sang mentor mengawali kelas dengan menyuguhkan pengertian dan tujuan wawancara. Dia juga memaparkan bagaimana teknik wawancara, yaitu wawancara secara langsung dan wawancara tidak langsung.

Berlanjut pada empat jurus yang harus digunakan untuk wawancara. Berikut adalah empat jurus tersebut:

Pertama, menentukan tema berita atau artikel. “Sebagai seorang wartawan, memilih tema adalah hal yang penting. Bagaimana caranya? Kalian harus menentukan sasaran pembaca dan di media mana tulisan itu mau dipublikasikan,” papar Servita.

Kedua, menentukan angle atau fokus tulisan. Maksud dari ini adalah tulisan yang kalian sajikan harus fokus, dan wawancara itu tidak boleh dibahas terlalu lebar bahkan banyak informasi tidak penting.

Ketiga, menentukan narasumber. “Kalau ini sepertinya kamu semua sudah paham ya. Secara tidak langsung ini adalah tugas menjadi anggota JPI, menulis profil anggota lainnya. Kamu harus mencari narasumber sesuai tema yang kamu inginkan,”  terang wanita yang sering dipanggil Inyong itu.

Empat, menyusun pertanyaan. Hal ini sangat mudah, karena ketika menulis dasar pertanyaannya sudah pasti berkaitan dengan 5W + 1H dan sebaiknya banyaklah menggunakan kalimat tanya “Mengapa” atau “Bagaimana”. Hal itu dapat membuat narasumber menjelaskan banyak informasi sehingga yang kita dapatkan itu rinci.

“Menjadi pewarta itu menyenangkan, nikmati prosesnya dan tulislah dengan ikhlas. Tulisan positif kalian akan abadi sepanjang masa,” pesan Servita.

Diakhir sesi kelas, Servita membuka diskusi dan bersedia membantu para anggota jika membutuhkan bimbingan untuk menulis artikel.

Posting Komentar untuk "Empat Jurus Mengupas Informasi dari Servita Ramadhianti di JPI Class On the Moon"