Setelah PSHT Menanam, Brofic Menanam, SYC Menanam, Kini Giliran BRI yang Menanam Peringati HUT ke-126 BRI

Akhir pekan paling asyik diisi dengan liburan apalagi kalau plesirannya dipakai untuk kegiatan yang berfaedah. Tanpa pesta dan kegiatan yang mewah, dihari jadinya yang ke-126 BRI melakukan kegiatan menanam bibit pohon di Ngedam, Dusun Kaligambang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar.

Lima puluh bibit pohon alpukat disumbangkan BRI Kanca Blitar untuk warga desa RT. 04 Dusun Kaligambang untuk ditanam di sekitar lokasi sumber mata air Ngedam, Kecamatan Panggungrejo.

Selain tanaman alpukat, warga PSHT rayon Pangungrejo juga menyumbangkan pohon pule, saman, apak, dan beringin yang dianggap baik sebagai tanaman penghasil air.

Penanaman 50 bibit pohon ini dipimpin oleh Ketua RT. 04 Dusun Kaligambang, Samuri dan didukung oleh PSHT rayon Panggungrejo serta komunitas pemuda desa Serang Youth Creative. 

"Terimakasih BRI yang telah memberikan bibit untuk penanaman reboisasi untuk wilayah Ngedam di wilayah RT.04 RW. 01. Semoga bisa menjadikan Ngedam ini menjadi lestari untuk penyerapan mata air untuk menghidupi empat wilayah RT. Dan kami ucapkan terimakasih kepada anak-anak PSHT yang telah sudi meluangkan waktunya untuk membantu reboisasi," ujar Samuri. 

Sumber mata air Ngedam sengaja dipilih oleh BRI Kanca Blitar melalui BRI Unit Panggungrejo untuk lokasi menanam bibit pohon karena menghidupi warga di empat RT Dusun Kaligambang. Banyak aktivitas warga dilakukan di sumber mata air Ngedam, diantaranya mandi, mencuci, dan keperluan memasak.
BRI Menanam 50 pohon bersama PSHT dan Serang Youth Creative (12/12)
Kepala BRI Unit Panggungrejo, Adhitya Sukarno mengatakan bahwa gerakan BRI Menanam pada HUT ke-126 adalah bagian dari menjaga kelestarian mata air yang merupakan sumber kehidupan warga. 

"Pagi ini kita memberikan 50 bibit alpukat aligator. Tujuan kita selain untuk memperingati Hari Ulang Tahun BRI ke-126 juga dalam rangka melestarikan lingkungan agar sumber air tetap terjaga dan nanti mungkin hasilnya berapa tahun lagi bisa dipetik untuk anak cucu kita.Warga sini kan juga rata-rata nasabah dari BRI. Jadi sebagai bentuk kepedulian sosial kita kepada masyarakat di RT. 04 Dusun Kaligambang," tutur Adhit yang membawa serta empat timnya untuk kegiatan BRI Menanam (12/12).

Sementara itu, Ketua PSHT rayon Panggungrejo, Bagus Darianto mengatakan bahwa kegiatan BRI Menanam bersama PSHT rayon Panggungrejo adalah bagian dari kepedulian warga PSHT terhadap lingkungan.

“Kita disini membantu masyarakat lingkungan sini untuk penanaman, perawatan mata air Ngedam. Ini kan termasuk mata air Desa Kaligambang. Kita membantu masyarakat sini, menjaga, melestarikan wilayah ini dengan cara menanam. Kebetulan hari ini tadi kita dapat support dari Bank BRI Blitar yang membantu benih tanaman buah jenis alpukat. Kita berharap nantinya mata air ini tetap terjaga terus nanti misal ada hasil kita bisa dapat hasilnya.”

Sumber mata air Ngedam Dusun Kaligambang sudah ada sejak zaman pemerintahan Belanda. Terbukti masih ada peninggalan bangunan Belanda yang kokoh berdiri di sekitar sumber mata air hingga sekarang.

Menurut informasi warga, dulunya di sekeliling sumber mata air terdapat pabrik singkong, serat nanas, dan tembakau yang dibangun Belanda ratusan tahun yang lalu.
Mantul News
Mantul News Menyampaikan informasi yang bikin siapapun bahagia setelah membacanya. Sesuai tagline kami tentang Mantul News "Yang Mantap Biasanya Betul"

Posting Komentar untuk "Setelah PSHT Menanam, Brofic Menanam, SYC Menanam, Kini Giliran BRI yang Menanam Peringati HUT ke-126 BRI"