JPI Class On The Moon, Tips Menulis Berita Daring dan TV dari Jurnalis Dita Faisal

 Penulis: Annisa Setya - Editor: Servita Ramadhianti

Foto: Instagram @ditafaisal_

Jaringan Penulis Indonesia (JPI) mengadakan sesi penulisan dengan mentor Dita Faisal, seorang jurnalis yang telah berkecimpung di dunia jurnalistik selama 13 tahun (01/06/21). Dita membagikan tips menulis berita daring dan berita TV dengan judul, "Bedanya Menulis Berita Online dengan Berita TV."

Menurut Dita Faisal, yang harus diperhatikan dalam menulis adalah KISS. KISS tadi memiliki arti, "Keep It Short And Simple". Pada dasarnya, inti dari penulisan  ialah menyampaikan pesan.  Sebagaimana yang disampaikan para ahli salah satunya Harold D. Laswell bahwa "Who says what in which channel to whom with what effect.

Jika dalam pemberitaan TV, gambar adalah "Dewa", maka lain halnya dengan pemberitaan daring dimana data adalah "Dewa". Jadi untuk narasi berita TV, semakin singkat kalimat, semakin cepat pula penonton mengerti pesannya. Sedangkan untuk berita daring, harus sesuai dengan data yang telah didapat. 

Opini jangan pernah ada dalam tulisan berita karena akan fatal jika pembaca termakan opini penulis.  Dita yang selama ini kita kenal sebagai presenter TvOne itu mengatakan bahwa yang terpenting adalah komunikasi. Jadi, ketika menulis sesuatu, tulislah agar orang lain tahu, bukan hanya kamu sendiri yang mengerti. 

"Tulislah yang baik karena kalau kita tiada, tulisan yang akan menjaga kita," pesan yang sangat mendalam disampaikan Dita Faisal diakhir sesi. (AS)

Posting Komentar untuk "JPI Class On The Moon, Tips Menulis Berita Daring dan TV dari Jurnalis Dita Faisal"